Kamis, 09 Juni 2011

Tanda Tanya

Hampir seharian, waktu kosong gw yang emang selalu kosong gw isi dengan memikirkan hal yang mungkin menurut orang banyak ngga penting.. gw yang hari itu berniat melanjutkan TA gw mengurungkan niat karena memikirkan hal yang itu-itu aja..

Buat apa sih gw hidup, apakah yang sebenarnya menjadi tujuan hidup gw.. gw langsung teringat rumus 4W1H, what, where, who, when dan how.
Apa hubungannya ya? Ngga tau juga deh.
Mungkinkah gw harus punya jalan ninja seperti naruto, tapi gw kan bukan ninja, sarjana aja belum.. gw ini apa? Mungkin perasaan tertekan karena gw belum juga lulus sampai sekarang menjadi salah satu penyebab gw galau, seperti film anak-anak jaman dulu yang tokoh utamanya selalu galau “MEGALAUMAN”.. kembali ke pokok permasalahan, tanda tanya besar bersemayam di tempurung kepala gw, Buat apa gw hidup.

Membahagiakan orang tua.. yah itu jawaban kebanyakan orang yang sok cinta pada orang tua, padahal ketika punya pacar ataupun teman main baru nasehat orang tua pun diacuhkan.. memang itu sempat terpikir juga, tapi kebahagiaan seperti apa? Nah kan gw mikir lagi.. apa sekarang orang tua gw ngga bahagia?.. gw rasa mereka sudah cukup bahagia melihat perkembangan anaknya (gw) bisa sampai jadi orang tolol kayak gini..
Membahagiakan orang tua juga bisa menjadi salah satu tujuan hidup gw.. caranya? Nah loh..
Akhirnya dengan sedikit maksa, gw pun menemukan jawabannya.. Bukan masalah banyak atau sedikit yang bisa gw lakukan dan berikan kepada mereka.. yang penting kan besarnya kepedulian gw terhadap mereka...

Membina keluarga yang sakinah mawadah dan warahmah.. ini yg paling males gw pikirin (tapi kepikiran juga), mengingat banyaknya artis di tv yang suka kawin cerai (fx kebanyakan nonton infotainmen).
Mau punya istri yang kayak apa? Gw sih ngga terlalu perduli, mau istri yang kayak gimana (kalo bisa sih yang berwajah oriental).. gw ngga punya kriteria khusus dalam memilih pasangan, mau penjahat sekalipun, kalo gw suka emang kenapa.. toh itu akan menjadi nilai lebih bagi gw apabila bisa membawanya kejalan kebenaran (padahal gw sendiri adalah serigala berbulu domba). Gimana bisa gw ngomongin keluarga, pacar aja gw ngga punya.. Masa jomblo ini tak akan gw sia-siakan, kelak ketika bertemu kembali dengan orang itu,yang berharga bagi gw, gw akan menjadi orang yang lebih baik, kuat dan hebat. (randy mah ngomong doang.. biarin perkataan itu kan doa).

Jadi orang kaya.. kalo ini gw ngga terlalu mikirin.. karena manusia adalah makhluk yang tidak pernah merasa cukup, selalu merasa kurang apalagi tentang hal-hal yang berbau duniawi.. Menurut gw kita itu konsumtif dan cenderung bodoh (gw apa lagi), lihat saja ketika sebuah perusahaan hape yang terkenal mengeluarkan produk baru, berbondong-bondong orang membelinya, semahal apapun itu, bukan karena butuh, tapi karena gengsi, padahal beberapa minggu kemudian akan muncul hape model baru yang lebih canggih lagi.. nanti beli lagi hape.. kini nilai suatu barang tidak lagi dilihat dari manfaat, tapi dari bagaimana barang tersebut dapat meningkatkan gengsi. (gw ngomong gini sebenarnya karena ngga mampu beli barang mahal..hehe)..
Ada sebuah pribahasa (karangan gw) ketika kau menginginkan sesuatu, maka saat itulah neraka dunia muncul (apa coba).
Gw sih Cuma pengin hidup berkecukupan, karena bersyukur adalah kualitas hati yang tertinggi (apa coba)..

Pada malam hari, pikiran tentang tujuan hidup gw masih saja sering muncul disela-sela kesendirian gw.. Tanpa disadari gw jadi uring-uringan, rasa hati ingin memeluk bulan tapi tak kunjung sampai, akhirnya gw meluk guling..
Gw memutuskan main ke warnet, untuk membuang kejenuhan. Gw posting di blog dan membuka FB. Secara tak sengaja gw melihat foto pp seorang teman gw yang bernama rui (nama disamarkan), terlihat janggal dan ngga sreg di hati.. foto dua orang artis jepang yang sedang berpose alay (menurut gw sih)

Dari saling balas-membalas comment, gw mulai menemukan tujuan hidup yang sebenarnya..

Gw nulis di wll nya “Pp nya menjijikan deh” (sadis banget gw)
Setelah itu saling balas comment pun berlanjut..

Ruri : bah.. apna yg menjijikhan?!biasa aza ah...ran-chan lebay niy...wong bgus en keyen gtu kok...ahahahahahahahaha...;p
Gw : coba aja kalo ada orang tua yg kayak gitu di indonesia,kalo ngga dikata-katain ya dihina..bisa diamuk para fans nya nih
Ruri : lha?!khan yg dputu gw ntu bkn otng tua en juga bkn orng yg ad d ind...truz hub na ap??
Gw : ada, biar kita bisa melihat dari banyak sudut... ah sudahlah, manusia hidup dengan asumsi dan persepsi masing2. maaf ya (gw sotoy abis)
Egi : ayo ran..bisa balez gak tuh?! Heheee..(tiba-tiba nongol, mentang2 pacarnya ruri)
Gw : itu udah gw bales..coba aja liat secara objektif hal yg seperti itu..ya memang tiap orang pasti berbeda
Gw: gw suka lupa kalo ngga semua orang kayak gw..(gw menyesal udah ngewall kayak gitu)
Ruri : adudududuh..ntu jg gw liat dr bnyk sudut kok..en manusia ntu idup bkn dngn asumsi en persepsi...tp krn mrk mkn en minum...tewas lha klo nda mkn en mnum...yah toh tiap orng emank pst berbeda...klo sm kloningandunkz...;p bwt ap minta muup??saia nda mrh kok klo sodara ran-chan ingin ngobrol dngn sodara reygi...monggoooo~ (ngga nyambung)
Gw : ngga..kalo ngga makan emang mati, itu juga asumsi orang.. kalo makan tapi ngga ada tujuan hidup juga sama aja kaya mati (tammbah sotoy)
Egi : hem2..tetep aja gak semuanya...yg bagus acaranya... (gw cuekin aja, ngga penting)
Ruri : lho?!mkn ntu bkn asumsi orng...tp krn kebutuhan...asumsi khan muncul krn diciptkn oleh pemikiran...klo qt tdk bs mikir yah asumsi ntu nda ad...qt bs mikir krn otk bekerja...otak dpt bekerja krn menerima asupan gizi...gizi ddpt dr mknan yg qt mkn...;p
Hem2..nda ad tujuan idup=mati?!gmn klo ad tjuan idup tp nda mkn??apkh sm jg dgn mati?! (mendadak jadi ahli gizi nih orang)
Gw : emang hidup itu ada..itu juga Cuma asumsi, hidup itu Cuma sebagai cara, kita itu ngga hidup kalo belum mati.. (super duper sotoy)
Gw : yg dibilang hidup itu Cuma cara kita memilih kematian... (makin dikuasai sotoy)
Ruri : hem2..hidup bkn asumsi...kt2na aza beda..hidup jg bkn suatu cara...en hidup jg bkn Cuma cara kita memilih kematian.. hebat klo qt bs milih cara kematian...berguru dmn tuh?! (sepertinya ngga terima sama kata-kata gw, tapi masa bodo.. kan udah gw bilang kalo manusia hidupdi dalam asumsi)
Gw : cara juga dilakukan karena asumsi yg beda dari tiap2 orang..toh tujuan kita yg sebenarnya ngga ada di dunia.. (makin sotoy dengan membuat teori-teori lebay)
Gw : kita ada untuk memilih tujuan dan cara dalam sesuatu yg orang2 sebut hidup..mau mati sebagai orang baik atau jahat

Dari comment-comment bodoh itu sedikitnya gw mulai memahami tujuan gw hidup di dunia ini sepertinya adalah bukan untuk mencari kebahagiaan, tapi mencari ridho Ilahi, bukan untuk dunia, tapi untuk akhirat, apabila bekal untuk akhirat cukup maka dunia pun akan cukup..
Manusia bukan dilihat dari cara hidupnya, tapi kematiannya.. kehidupan kita dinilai bukan dari bagaimana menjalaninya, tapi dari apa yang sudah dilakukannya
Manusia dilahirkan karena alasan tertentu, manusia punya tujuan tertentu.. bisa menemukan dan memilih jalan hidup merupakan kebebasan paling utama yang diberikan oleh Tuhan sebagai manusia, karena selalu ada lebih dari satu pilihan.

Apa yang disebut takdir manusia hanya sesuatu yang berarak seperti awan dalam arus yang ditetapkan..? atau sesuatu yang bisa dipilih atas kemauan sendiri dengan menaiki arus tersebut...? keduanya mungkin saja akan sampai di akhir yang sama.. hanya saja, saat memilih cara yang kedua.. seseorang bisa berjuang mengejar tujuan hidupnya. (neji)
Satu takdir yang sama pada setiap orang, yaitu kematian...
Hari ini gw sotoy banget... seenggaknya gw bisa punya pemikiran, walau hanya sehari...

Ada Apa Dengan Cinta

Kalo cinta bilang cinta.. ya memang itu adalah kalimat klise yang sering diucapkan banyak orang.. tapi rasanya gw setuju dengan kata-kata tersebut.

Ketika kita menyukai seseorang, maka ungkapkanlah kepada orang tersebut.. terkesan naif juga sih, apalagi kalo doi udah ada nyemotnya, kalau doi anak rohis yang ngga mengenal pacaran, apabila doi menyukai sesama jenis, atau doi sejenis dengan kita.

Dulu gw pernah menyukai seorang perempuan di kampus. Namanya Amel, mungkin ini yang orang kebanyakan bilang cinta pada pandangan pertama, tapi gw ngga percaya cinta pada pandangan pertama, gw lebih menyukai suka pada pandangan pertama. Menurut gw Amel mirip Van Tomiko, penyanyi asal Jepang kesukaan gw. Dan mulai saat itu, gw dan teman-teman menyebut Amel dengan julukan embak-embak Van Tomiko...

Diantara para embak-embak yang ada, seperti
Embak-embak rambut jatuh (karena rambutnya punya poni yang serasa mau jatuh)
embak-embak 35 (karena sering gw liat naik patas ac 35 bareng gw)
embak-embak hitam manis (karena embak-embaknya berkulit hitam namun memiliki wajah manis)
embak-embak kesukaan Slamet (karena disukai oleh teman gw yang bernama Slamet)
dan embak-embak lainnya yang menarik perhatian gw, embak-embak Van Tomiko adalah yang paling gw suka.

Gw pernah mencoba untuk mengutarakan isi hati gw kepada Amel, ketika itu gw yang melihat amel akan pulang dan menunggu bis pun menyiapkan jiwa, raga, hati dan mental gw untuk berkenalan dengan nya.. memang pada saat itu amel belum menyadari kehadiran gw, kecuali kalo dia inget mas-mas bego yang berusaha mencium pintu kaca di lobi gedung fikom.. mas-mas bego itu gw.

Ceritanya pada saat itu gw sedang menjadi model iklan Coaunterpain.. sekali lagi.. model iklan.. sebelumnya gw juga pernah menjadi model foto loh, sepertinya gw emang memiliki bakat seorang model, paling cocok jadi model balsem gosok..
menurut story board yang ada, si karakter (yaitu gw) berjalan kearah pintu keluar. Pada saat take, gw berjalan seperti mahasiswa pada umumnya, saat itu pula gw melihat Amel yang sedang duduk di loby bersama teman-temannya, gw yang mendadak terbakar nafsu pun mencoba melampiaskan hasrat gw kepada pintu kaca yang diam membisu.
Gw nabrak pintu kaca, sakitnya jidat gw ngga seberapa apabila dibandingkan rasa malu yang gw pikul, gelak tawa para mahasiswa yang bahagia menyaksikan seorang tertimpa musibah.

Balik ke inti permasalahan, gw yang melihat Amel pulang dan menuju halte pun mengikuti nya untuk nantinya bisa berkenalan dan menunjukkan eksistensi gw kepada dirinya. Perlahan tapi pasti, gw yang saat itu terlihat seperti seorang cabul yang mengincar mangsanya semakin mendekat ke tempat Amel menunggu bus..

Semakin-dekat dan semakin gw nekat, gw memberanikan diri untuk menyapa Amel.
“ Amel ya?” tanya gw sok nanya..
“iya, kenapa?” jawab Amel dengan wajah ling-lung..
“gw Randy, salam kenal” (jijay banget gw)
“.................................” Amel terdiam dan terbingung-bingung.
Setelah kata-kata itu, gw juga ikut bingung harus berkata apa, gw pun balik badan dan meninggalkan Amel dan teman-temannya yang sepertinya mabok cincau..
Gw yang sudah menghabiskan seluruh keberanian gw pun, setelah beberapa meter meninggalakan Amel dan kawanan gw melakukan sprint layaknya penari jaipong yang kebelet ee dan nyaris nabrak pohon..

Setelah kejadian itu, gw bertekad untuk menghilang dari hadapan Amel dan teman-temannya, dan beberapa minggu kemudian, teman gw Reygi pun berhasil dekat dengan Amel.
Hal tersebut buat gw itu bukan masalah besar seperti ketika Ian Kasela melepas kacamatanya, toh kebahagian teman gw merupakan kebahagian bagi gw... Ya memang sampai sekarang gw ngga punya banyak teman perempuan karena ngga banyak yang bisa diomongin sama kaum hawa tersebut, mungkin karena itu juga gw sulit mendapatkan pacar walaupun banyak perempuan ngantri untuk gw pacarin.. huehehehehe sombongnya, padahal mah emang ngga laku.

Ngomong-ngomong tentang cinta, apa sih sebenarnya cinta itu.. sampai sekarang banyak sekali pendapat orang mengenai cinta.. menurut gw, cinta itu perasaan yang penuh rasa sayang dan pengabdian pada sesuatu, seperti cinta kepada Tuhan, keluarga dan kekasih...

Cinta itu ngga buta, cinta itu ibarat kepercayaan dan keyakinan.. karena manusia adalah makhluk yang terus hidup sambil melukai dan dilukai (Komik Naruto).. tapi karena cinta menjadikan manusia itu bisa dengan mudahnya membenci orang lain..sepertinya ada yang salah dengan gw.....

Saat ini gw pun sendirian tanpa seorang kekasih, bohong kalau gw bilang ngga kesepian.. tapi, gw juga sudah bukan generasi yang bisa tetap jadi anak-anak.. tak bisa terus menangis tersedu-sedu